Aisha.co.id, – Hujan meteor akan jatuh dan mewarnai langit pada bulan September 2019. Acara ini dapat disaksikan langsung di seluruh Indonesia.

Dilansir Tempo.co, Kamis (5/5/2019), perkiraan hujan meteor adalah Epsilon Perseid dan Alpha Aurids. Kedua meteor dijadwalkan muncul pada awal September. Selain itu, fenomena langit lainnya yang akan turun adalah planet Jupiter, Saturnus, bulan, dan Bima Sakti.

Menurut laporan Komunitas Astronomi Langit Selatan, Avivah Yamani, Rabu (4/9/2019). Dia mengatakan hujan meteor Alpha Auridi atau Aurigid menghantam langit antara 28 Agustus dan 5 September.

Sementara puncak kegiatan pengamatan diharapkan mulai jam 9 malam.

Menurut data yang diterima, fenomena langit muncul dari rasi bintang Auriga ketika bepergian dengan kecepatan sekitar 6 meteor per jam dengan kecepatan 65 km / jam.

Terungkap bahwa rasi bintang Auriga baru saja muncul di permukaan langit sekitar pukul 00.15 WIB dari timur laut.

Hujan meteor Epsilon Perseid

Sisi lain, Avivah memperkirakan bahwa hujan meteor Epsilon Perseid akan mencapai langit mulai 5 September hingga 21 September. Sedangkan puncaknya terjadi pada 10 September, sekitar pukul 05.45 WIB.

Epsilon Perseid adalah spesies surgawi yang diciptakan oleh debu komet Swift-Tuttle. Fenomena langit ini akan datang dari rasi Perseus. Seiring waktu, itu akan mempercepat 5 meteor per jam dengan kecepatan rata-rata 60 km / jam.

“Rasi Perseus akan muncul sekitar pukul 21.55 IWST bersama dengan Epsilon Perceid. Fenomena ini dapat diamati langsung di cakrawala timur,” pungkas Aviva.

Dia menambahkan bahwa pengamat langit memiliki kesempatan untuk menangkap momen setelah 22 jam, sehingga matahari mulai naik.

Fenomena lain di Langit

Menurut laporan dari langitselatan.com pada Kamis (9 Mei 2019), bulan dan planet Jupiter akan bersama pada 6 September. Penampilan penampilan dimulai pukul 16.30 WIB dini hari.

Di sisi lain, planet Saturnus juga akan menggantikan Jupiter pada 8 September. Mendapatkan informasi cuaca hampir sama dengan fenomena Jupiter.

Sementara itu, pemandangan Bimasakti sedang diamati dan akan mencapai langit pada minggu terakhir bulan September. ***

Sumber : Reportasee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here