Aisha.co.id, – Wasir atau yang disebut hemoroid di dunia medis adalah pembengkakan submukosa saluran anal yang mengandung vena pleksus, arteri kecil, dan jaringan isola yang membesar. Secara anatomi, wasir adalah perubahan fisiologis, bukan penyakit.

Sayangnya, pasien sering merasa malu atau dianggap tidak penting tanpa memperhatikan gangguan kesehatan ini. Menurut dokter, yang dinyatakan di Indonesia saja, kasus wasir tinggi, data dari Departemen Kesehatan pada 2008 menunjukkan bahwa sekitar 5,7 persen dari populasi menderita wasir dan hanya 30 persen dari semua pasien yang siap untuk beroperasi.

Banyak orang masih bingung tentang perbedaan antara wasir dan ambeien. Apakah kedua hal ini berbeda? Jawabannya adalah tidak, karena kedua kondisinya sama. Wasir terjadi karena disebabkan oleh perluasan pleksus haemorroidalis di anus.

Pelepasan ini mungkin disebabkan oleh peningkatan tekanan vena selama stres berat (sembelit) atau perubahan hemodinamik kronis (selama kehamilan). Pembesaran pleksus biasanya ditemukan pada posisi jam tertentu pada pemeriksaan fisik (rektum digital).

Selain itu, wasir atau ambeien dapat terjadi karena faktor predisposisi lain seperti:
. Diet rendah serat (makan lebih sedikit buah dan sayuran).
. Diare kronis (diare jangka panjang).
. Penindasan aliran balik vena, seperti pada kanker dubur dan peradangan di sekitar anus.

Ada peningkatan tekanan intraabdomen (pada wanita hamil).
1. Faktor keturunan yang menyebabkan dinding pembuluh darah di sekitar anus menjadi tipis dan lemah.
2. Berolahraga dengan baik.
3. Faktor usia lanjut juga dapat menyebabkan degenerasi (penurunan fungsi) dari otot sfingter anterior, membuatnya lebih tipis dan lebih tipis.
4. Aktivitas fisik pasif seperti duduk dan berdiri terlalu lama.
Angkat berat sering.
5. Memiliki hubungan intim yang abnormal, kegiatan ini dapat menyebabkan wasir baru atau memperburuk wasir yang ada.

Website Resmi www.De-Nature.co.id Distributor Agen Penjual Produk Obat Herbal De Nature Indonesia Asli PT. DE NATURE INDONESIA Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Untuk Konsultasi Anda dapat Menghubungi 082216178123 Melayani 24 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here